Berkreasi Dengan Program Presentasi

Kata presentasi saat ini bukanlah suatu yang asing lagi, hampir semua  hal baru yang coba ingin dikenalkan kepada masyarakat luas menggunakan media presentasi sebagai sarana pengenalanya, Penggunaan presentasi  dibandingkan dengan cara yang lain, dirasa  lebih mengena sasaran karna didalam sebuah presentasi memungkinkan seorang presenter memaparkan detil-detil dari materi yang disampaikan dan adanya hubungan dua arah antara presenter mewakili produk yang dipresentasikan dengan masyarakan/ audient sebagai penerima informasi. Hal ini berbeda dengan sebuah iklan yang  hanya bersifat satu arah dan cendrung statis.

Didalam melakukan presentasi  kita memerlukan beberapa alat bantu guna menunjang  lancarnya proses presentasi tersebut. Alat bantu yang lajim digunakan  dalam  sebuah  presentasi adalah OHP (over Head Projektor), computer dan LCD projector.  Alat-alat ini berfungsi memberikan gambaran serta pemaparan materi baik berupa angkat, tulisan, maupun gambar.  Ada perbedaan pada peralatan tersebut didalam menyajikan tampilan  presentasi; Perbedaan dari alat tersebut adalah: jika kita menggunakan OHP objek yang ditampilkan akan cendrung statis,  hanya menggunakan permainan warna  dan bentuk tulisan serta gambar semata, berbeda dengan penggunaan  media computer dan LCD projector,  dalam sebuah presentasi penggunaan kedua alat ini akan menghasiklan tampilan presentasi yang lebih dinamis, kita bisa menabahkan objek bergerak/animasi  juga kita juga bisa menambahkan efek suara didalamnya.

Berbicara computer  sebagai sarana presentasi  tidak akan  lepas dengan program untuk menangani pembuatan presentasi tersebut,  banyak program yang bisa digunakan dalam pembuatan  materi  presentasi,  yang masing-masing mempunyai  kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Tetapi  ada beberapa  program yang lajim digunakan yaitu :

·         Microsoft Power Point

program ini sangat luas digunakan dalam proses pembutan serta menjalamkan presentasi, tidak seperti program pembuatan presentasi yang lainya yang membutuhkan program tambahan sebagai player untuk bisa menjalankan hasil pembuatan presentasi, Microsoft power poin tidak memerlukan player tambahan guna menjalankanya. Luasnya pemakaian Microsoft power point   didukung dengan kemudahan dalam aplikasinya, serta tersedianya form-form atau  templet yang langsung bisa digunakan,  cukup dengan memasukan materi materi yang akan dijadikan bahan presentasi, selain itu juga sudah didukung dengan penambahan animasi  sederhana  yang akan membuat presentasi  lebih menarik dan dinamis. Tetapi bagi sebagian orang program ini dirasa masi kurang, terutama didalam menangani animasi yang lebih komplek dan menarik, serta nafigasi yang lebih beragam bukan perkara yang mudah  untuk diserahkan pada program yang satu ini.

·         Macromedia Flesh

Kelemahan -kelemahan yang ada di Microsoft power point, seperti penambahan sebuah animasi yang lebih beragam dan menarik serta pengaturan navigasi  yang lebih kompleks  akan bisa diatasi apa bila kita menggunakan Program Macromedia Flesh.  Macromedia juga menjadi salah satu alternative didalam pembuatan animasi bergerak yang kemudian kita kenal dengan istilah kartun. Dengan program ini kita bisa berkreasi  sesuai dengan  selera serta imajinasi, satu hal lagi yang menjadi kehandalan program ini adalah memungkinkan penanbahan sebuah program data base, walau sebenarnya ini tidak terlalu penting didalam pembuatan presentasi.  Terlepas adanya kelebihan-kelebihan tersebut ternyata Macromedia Flesh tidaklah dengan muda bisa digunakan terutama bagi pada pemula. Didalam macromedia flesh kita harus menghafalkan beberapa perintah untuk bisa membuat presentasi yang menarik

·         Swish max

Satu solusi yang bisa digunakan didalam membuat presentasi yang menarik adalah dengan menggunakan program Swish Max, program yang satu ini tidaklah serumit macromedia flesh, dan hasil akhir yang dihasilkan tidak pula mengecewakan,  beberapa efek yang ada di Macromedia flesh juga disediakan didalm program Swis Max ini, selain itu hasil akhir yang di hasilkan sama dengan Macromedia flesh yaitu berekstensi . fla. Penggunaan Swish tidaklah serumit macromedia flesh, walau diakui masih ada beberapa kelemahan, tidak seperti  Macromedia flesh yang mampu menangami berbagia macam pembuatan aninasi, bahkan  Macromedia fles disa digunakan untuk membuatan film animasi kartu, tetapi pengunaan swish max  dalm membuat presentasi sudah sangat cukup.

Sebenarnaya ada satu program lagi yang bisa digunakan dalam menbuat presentasi, yaitu  Corel Rave, corel reve biasanya terinstal bersama program corel draw, didalam program ini disediakan beberapa fungsi seperti membuat tombol interaktif, juga link unuk bebapa file. Paada dasarnya program ini dibuan unuk membuat  animasi. Sehingga jarang oarng menggunakannya. Kalau saya pribadi diasanya program ini hanya saya gunakansebagai  program penunjang pembuatan presentasi

Sbenaranya masih banyak program yang bisa diguanakan , tetapi yang ssering digunak adalah ketiga program tersebut.

2 Tanggapan

  1. thanks yo bos utk artikelnya, klo bisa minta artikel2 yang berkaitan dg multimedia yo………….ngrampok ni ceritanya he100x…………….lmyn jg jd anak amikom??????????

  2. bikin website sendiri yang menarik n gak bikin pusing gimana yaw???aku pernah diajarin tapi gak mudeng2 malah kesasar jauh ne

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: